Selasa, 24 November 2009

Kulit Yang Terkelupas Bag 2

Manusia diciptakan oleh Allah SWT adalah sebagai mahluk yang paling sempurna. Mukzisat-NYA bisa kita lihat pada salah satu yang terdapat di badan kita, yaitu "kulit".
Kulit adalah indra peraba yang sangat peka dalam merasakan rasa sesuatu, sehingga rangsangan sekecil apapun akan sangat terasa. Melindungi tubuh bagian dalam, seperti otot dan tulang sudah pasti merupakan kewajibannya, bahkan "dia" sangat spesial dalam mengatur suhu tubuh kita.
Kulit harus kita jaga dan rawat dengan baik, perawatanyapun bisa dibilang gampang-gampang susah, karena memerlukan kesabaran dan ketelitian yang cukup tinggi, serta membutuhkan waktu yang agak lama, dan sudah tentu perawatannya juga cukup lumayan mahal. Agar terlihat bersih, sehat, kuat dan bercahaya tidak cukup perawatanya hanya melalui luarnya saja, tanpa disertai perawatan bagian dalam. Perawatan bagian dalam ini adalah perawatan yang lebih spesial lagi, selain vitamin yang kita konsumsi berupa makanan, minuman, dan dalam bentuk obat-obatan serta jamu-jamuan, sebaiknya kita konsumsi juga multi vitamin kesehatan "jiwa" atau rohani, karena dibalik itu semua akan terpancar aura beauty dan innerbeauty kita. Plus satu lagi perawatan yang sering kita lewatkan, bahkan kita sering menganggapnya sepele dan dilupakan, yaitu olah raga. Disini ini semua keindahan kulit akan telihat dengan sempurna.
Kulit yang tidak terawat, akan banyak menimbulkan masalah. Penyakit, adalah salah satu efek sampingnya. "Dia" adalah musuh besar tubuh kita, dan harus segera dihilangkan serta disembuhkan, selain itu "dia" adalah penghalang keindahan kulit ini. Salah satu penyebab lain yang tidak bisa kita katakan sebagai suatu penyakit adalah kulit yang terkelupas, hal ini bisa terjadi secara alami dan karena kulit tersebut jarang kita jaga atau rawat dengan baik. Bila kulit terkelupas, rasa sakit dan perih serta panas, akan disalurkan oleh kulit melalui alat perabanya yang sangat sensitif sekali, yang terdapat dilapisan epidermis dan dermis, lalu rangsangan tersebut akan dikirim ke otak, maka timbullah reaksi-reaksi yang keluar dari kita, seperti meringis, menangis dan lain-lainnya.
Kulit yang terkelupas secara alami, bentuknya kering, berwarna putih kadang kecoklatan atau hitam, serta menggelembung atau dalam bentuk gelembung kempis. Penanggulangan pertama yang sering kita lakukan karena kebiasaan adalah mencopotnya dengan menggunting atau menariknya perlahan-lahan. Tetapi untuk bagian yang belum terkelupas dengan sempurna JANGAN dilanjutkan, karena bisa membuat luka baru dikulit tersebut dan bisa menimbulkan penyakit.
Pegantian kulit baru ini, merupakan regenerasi kulit kita. Hal ini, bisa terjadi tidak hanya pada manusia saja, tetapi juga kepada hewan dan tumbuhan. Sungguh sempurna ciptaan-NYA ......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar